Tentang Novel Kisah Sang Penandai





Judul: Kisah Sang Penandai
Pengarang : Darwis Tere Liye
Penerbit : Republika
 

A.    Rangkuman Novel
Adalah seorang pemuda bernama Jim,ia adalah seorang buta huruf yatim piatu yang berprofesi sebagai pemain biola. Ia sering diundang ke  berbagai pernikahan pernikahan bangsawan karena permainan biolanya yang merdu.
Disisi lain Jim adalah seorang yang lemah dan pengecut. Nayla adalah kekasih Jim,dia putri keturunan bangsawan. Tentu saja kisah cinta mereka memiliki hambatan yaitu Nayla dijodohkan oleh kedua orangtuanya.
Dan Nayla mengajak Jim untuk melarikan diri dari istana,namun Jim menolaknya,bagi Jim itu akan sia sia saja. Memegang pedang saja tidak pernah,mana mungkin hendak membawa kabur putri bangsawan. Mungkin Jim terlalu pengecut saat itu. Dan Nayla,karena dia sangat mencintai Jim,akhirnya dia menenggak botol racun untuk mengakhiri hidupnya.
Tentu saja hal ini membuat Jim amat sangat menyesal. Dan karena kepengecutannya,ia harus kehilangan Nayla dan sekarang berurusan dengan pembunuh bayaran yang disewa keluarga Nayla untuk mengahabisi Jim.
Jim benar benar dilanda kegundahan,kesedihan,dan penyesalan yang mendelam. Apalah yang harus Jim lakukan,segala upaya untuk bunuh diri telah Jim lakukan,namun ia sama sekali tidak berani melakukannya,hanya menghitung hitung berapa ketajaman pisau agar dirinya langsung mati,berapa dosis racun yang harus diminumnya agar tidak terlalu lama merasakan sakit. Jim hanya sibuk berhitung sambil meraung raung sesal.
Dan ketika pembunuh bayaran yang disewa keluarga Nayla semakin mendekat pada rumah Jim,datanglah sang penandai.

Sang penandai adalah penjaga dongeng dongeng dan membuat dongeng dongeng baru yang dunia butuhkan. Dan kini,ia memilih Jim untuk membuat ‘dongeng’nya.
“Aku ingin kau mempercayai satu kalimat : pecinta sejati tidak akan pernah menyerah sebelum kematian itu sendiri datang menjemputnya.” Demikian kata sang penandai,sang penandai juga menyingkirkan pembunuh pembunuh bayaran tanpa menyentuh mereka sama sekali.
Namun Jim yang masih dalam kondisi tertekan luar biasa karena kematian kekasih hatinya sama sekali tidak bisa berpikir jernih. Bahkan mengusir sang penandai.
Sang penandai memerintahkan Jim untuk ikut armada kota terapung menuju tanah harapan.
Akhirnya Jim memulai dongengnya dan menjadi kelasi di armada kota terapung. Jim yang menjadi kelasi rendahan selalu menangis,bersedih,tidak bisa berdamai dengan masa lalunya jika mengingat Nayla-nya. Hingga ia mendapat julukan si kelasi yang menangis.
Jim berada di kapal utama armada kota terapung : pedang langit. Disana ia bertemu dengan Laksamana Ramirez yang juga mendapat dongeng nya dari sang penandai. Ia juga bertemu dengan Pate yang menjadi sahabatnya,Pate mengajarinya membaca,berhitung,menulis,dll. Perlahan kesedihannya mulai menghilang dari kesibukan kesibukan yang dijalaninya.
Dan lewat petualangannya bersama armada kota terapung mulai merubah sifat Jim yang lemah menjadi pemberani dan dingin. Banyak kejadian kejadian mengejutkan yang terjadi,perang selama berbulan bulan dengan pembajak,melawan badai yang datang tiba tiba,munculnya kura kura raksasa,munculnya gadis yang sangat mirip dengan Nayla yang membuat Jim kembali teringat masa lalu dan kembali menangis tak henti henti,dan saat terjadi perpecahan saudara karena tidak kujung ditemukannya tanah harapan,Pate dan Jim yang sudah naik pangkat harus menghilangkan nyawa pemberontak yang memaksa untuk mengakhiri ekspedisi yang merupakan awak kapal sendiri.
Namun perpecahan terselesaikan dengan ditemukannya tanah harapan.
Laksamana lamirez akan tinggal di tanah harapan dan memerintahkan armadanya kembali,karena dongen Laksamana lamirez ada di tanah harapan itu. Jim dan Pate memutuskan untuk ikut serta bersama Laksamana meskipun sempat ditentang oleh Laksamana.
Disitulah perjalanan untuk mencari bunga emas dimulai. Mereka harus melewati hutan belantara yang gelap dan dihadang oleh sekelempok orang bersenjata yang menjaga bunga itu. Bunga itu bisa mengembalikan kita pada masa lalu.
Namun pada perjalanan itulah Pate,sahabat Jim merelakan kematian dirinya untuk dongeng Jim dan laksamana yang belum selesai. Pate memang tidak mendapatkan dongeng dari sang penandai,tapi dia akan mengguratkan dongeng dongengnya sendiri.
Akhirnya Laksamana berhasil kembali ke masa lalu,dan Jim tertangkap oleh sekelompok bersenjata yang ternyata wanita itu. Dan maut sudah menanti di depan mata.
Sang penandai kembali datang.
Akhir dari cerita ini sedikit menggantung. Namun akhirnya Jim kembali bertemu Nayla karena ternyata Nayla juga mendapat dongeng dari sang penandai.

B.     Amanat
Amanat dari cerita ini sangat banyak. Kita harus meyakini seperti yang diucapkan oleh sang penandai :
Pecinta sejati tidak akan pernah menyerah sebelum kematian itu sendiri datang menjemputnya
            Kalimat ini tentu bermakna bahwa kita tidak boleh menyerah dengan cinta kita sampai kematian datang sendiri pada kita.
Ah, kau pasti bertanya jika dia memang kenangan yang paling indah, mengapa kau selalu pilu mengenangnya! Mengapa? Karena kau tak pernah mau menerima kenyataan yang ada… (Hal. 350)

Novel ini memberikan pesan bagaimana kita harus berdamai dengan masa lalu dan sembuh dari luka-luka itu. Selain itu akhir dari kisah ini akan mengajarkan kita bahwa kesabaran akan memberikan imbalan terbaik untuk masa depan.

Komentar

  1. Nayla dapat dongeng juga dr sang penandai... Tau dr mana??? Kok ku gatauu huhu

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

A Little Step For A Big Dream

Akses Yang Terlupakan; Realita Jalanan Banjarnegara